Feeds RSS

Rabu, 16 April 2014

Hari Bumi


Sampah teman kita


Sampah merupakan masalah utama di kota berpenduduk padat maupun tempat yang memiliki pengunjung yang padat, salah satunya adalah daerah kampus. Kampus merupakan salah satu tempat yang menghasilkan banyak sampah, baik sampah organik maupun anorganik. Bukan hal yang mudah untuk mengatasi masalah sampah, tetapi hal itu juga tidak dapat dibiarkan berlarut-larut karena akan mengakibatkan masalah yang berkepanjangan.
Pada dasarnya ada satu cara yang dapat dilakukan oleh pihak kampus atau sekumpulan mahasiswa untuk mengatasi masalah sampah kampus, yaitu didirikannya suatu lembaga yang mengurusi daur ulang sampah atau rumah kompos. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menyediakan tempat sampah terpisah antara sampah organik dan anorganik.
Dengan adanya pemisahan sampah tersebut akan memudahkan untuk memilah sampah yang dapat di daur ulang atau tidak dapat di daur ulang. Untuk sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos sedangkan sampah anorganik dapat dikelola dengan berbagai macam produk yaitu dengan dijadikan bahan kerajin atau bahan rumah tangga dan dapat pula dikelola menjadi gas metan. Gas metan tersebut dapat dikelola dengan bantuan mesin. Gas metan dapat dimanfaatkan sebagai gas yang biasanya digunakan untuk memasak. Hal tersebut merupakan hal yang efisien untuk mengurangi sampah yang terbuang percuma di lingkungan kampus.
Untuk menjalankan program ini sebaiknya harus ada partisipasi yang aktif dari pihak mahasiswa maupun universitas.

0 komentar:

Posting Komentar